FS0rUvwNhKY1VI33jRo60ZGXhoIL0Jyi24sdcC2i

AKU PASTI BISA !

 


Kelebihan-kelebihan atau sifat-sifat positif dalam diri seseorang itu merupakan sesuatu kemampuan yang ada dalam diri seseorang yang berharga, yang patut untuk disadari, dipertahankan dan bahkan dikembangkan menjadi suatu yang lebih baik lagi. Setiap manusia mampu menyadari kelebihan-kelebihan atau sifat-sifat positif yang ada pasti memiliki kelbihan atau sifat positif dalam dirinya masing-masing. Namun, tidak semua dalam dirinya. Entah mengapa, beberapa orang justru cenderung lebih mudah untuk menyebutkan kekurangan atau sifat-sifat negatif yang ada pada didirnya dibandingkan jika ia harus menyebutkan kelebihan-kelebihan atau sifat-sifat yang positif.

Usaha memahami kelebihan atau sifat-sifat positif pada diri sesorang dapat dilakukan dalam banyak hal diantaranya melalui kegiatan refleksi. Kita perlu mengingat-ingat hal-hal/sifat-sifat baik apa yang pernah dilakukan. Beberapa bentuk contoh sifat positif seseorang yaitu seperti : rasa yakin, berani (dalam arti positif), mau berbagi terhadap sesama, bersikap jujur, bersikap ramah, bertanggung jawab, taat, disiplin dan masih banyak lagi. Setiap orang harus yakin bahwa ia bisa melakukan hal-hal yang terbaik dengan kelebihan atau sifat-sifat positif yang dimilikinya. Setiap orang pasti akan bisa melakukan hal-hal yang terbaik apabila ia berpikir bahwa AKU BISA.. ! Setiap orang harus dapat bersikap yakin atas kelebihan atau sifaf-sifat positif yang dimilikinya.

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan atau sifat-sifat positif dalam dirinya. Termasuk kita. Apa manfaat dari kita mengetahui kelebihan/sifat-sifat positif yang ada dalam diri kita  ? Manfaatnya yaitu :

a.       Menjadi Tahu kemampuan yang ada dalam diri kita

b.      Menjadi Lebih Percaya Diri dalam melakukan kegiatan sehari-hari

Tips untuk selalu bisa berpikiran positif setiap hari.

1.       Selalu Bersyukur

Jangan berfokus pada apa yang tidak Anda miliki. Cobalah untuk mengingat hal-hal baik yang menjadi milik Anda, ingatlah semua hal baik yang pernah terjadi pada Anda. Bersyukur atas hidup dan menghargai apa yang Anda miliki adalah peraturan pertama untuk selalu berpikir positif.

2.       Tentukan tujuan/Goal

Putuskan apa yang ingin Anda lakukan. Tetapkan standar milik Anda sendiri. Mengikuti jalan yang Anda putuskan sendiri akan memberikan rasa percaya diri yang tinggi.

3.       Pilih teman-teman yang suportif
Terkadang, pikiran negatif juga bisa menular. Untuk itu, jangan tempatkan diri Anda di tengah para pengeluh. Lebih baik, pilih teman-teman yang selalu memberikan dukungan, bersemangat, dan berpikir positif setiap hari. Cepat atau lambat, Anda akan merasakan energi mereka mempengaruhi semangat Anda.

4.       Ambil tanggung jawab
Ingat, Anda memang tak bisa mengendalikan apa yang akan terjadi. Namun Anda selalu bisa mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakan Anda sendiri. Jadi, ketika ada hal buruk yang terjadi, katakan pada diri Anda: "Aku bertanggung jawab pada perasaan dan pikiranku, dan aku memutuskan untuk merasa bahagia dan tegar."

5.       Ubah 'tidak bisa' menjadi 'bisa'
Ini mungkin membutuhkan latihan, namun jelas bisa berhasil jika Anda tekun menerapkannya. Cobalah untuk mengubah struktur kalimat Anda, yang negatif menjadi positif. Misalkan: "Kenapa pekerjaanku berantakan?" menjadi "Hasil kerjaku kali ini memang tidak memuaskan. Tapi selanjutnya aku pasti bisa lebih baik." Jika terus diterapkan, hal ini bisa mengubah persepsi Anda.

6.       Berbuat baik
Berbuat baik pada orang lain bisa membawa dampak besar bagi Anda. Ingat ketika membantu orang lain memberikan rasa bahagia dan puas? Perasaan itu bisa membuat Anda merasa lebih positif.

7.       Lihat sisi baiknya
Setiap situasi selalu memiliki dua sisi jika Anda bisa menemukannya. Untuk itu, cobalah cari sisi positif pada setiap situasi. Lebih fokus pada sisi positif sesuatu akan memberikan kekuatan besar pada diri Anda untuk mengubah keadaan.


Artikel Terkait

Artikel Terkait

Posting Komentar