FS0rUvwNhKY1VI33jRo60ZGXhoIL0Jyi24sdcC2i

CARA KERJA OTAK KANAN & KIRI

 


Intelegensi (kecerdasan) adalah keseluruhan kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara tearah, serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif. Contoh Klasifikasi Intelegensi

No

IQ

Klasifikasi Kemampuan Intelektual

1.

2.

3.

4.

5.

… – 79

80 – 89

90 – 109

110 – 119

120 – 135

Rendah

Di bawah rata-rata

Rata-rata

Di atas rata-rata

Superior

Sumber : Marthen Pali, 1995

Bagaimana cara kerja Otak..?

Otak kita tersusun dari berjuta-juta neuron yang tiap-tiap neuron dipisahkan oleh jarak yang amat tipis, saat otak mengenal sesuatu yang baru maka akan terjadi lompatan pijaran listrik dari satu neuron ke neuron yang lain. Semakin sering terjadi pijaran dalam otak maka otak akan semakin terlatih seperti orang yang cerdas

Resep Orang cerdas

         Orang cerdas adalah pengguna kedua otak ,dengan mempelajari bagaimana menggunakan kedua sisi otak yaitu otak kanan dan otak kiri berarti  megembangkan kekuatan otak kita seperti seorang cerdas. Pada umumnya manusia menggunakan 90% otak kiri dan 10 % otak kanan, padahal kalau kita mau sukses seperti orang jenius kita harus bisa memberdayakan 50% oatak kanan dan 50% Otak kiri.

Apa Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Otak kanan  dan Otak kiri akan berpengaruh pada keseluruhan kemampuan individu untuk berfikir dan bertindak secara terarah serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif .

1. Otak kiri

         a. Logika

    Otak kiri berhubungan dengan kemampuan untuk berfikirl ogis, nyata, bersifat umum, contohnya :

-       Matahari terbit di sebelah timur

-       Ada laki-laki ada perempuan

b.   Hitungan linear

Otak kiri berhubungan dengan kemampuan melakukan hitungan linear atau hitungan yang berurutan, contohnya :

-       2-4-6-8 maka 2 bilangan  berikutnyaadalah ……. ( 10 dan 12)

-       Dalam hitungan ini bilangan di tambah secara linear dari bilangan sebelumnya.

c. Urutan bahasa

Otak kiri juga berhubungan dengan kemampuan dalam mengurutkan kata atau bahasa, contohnya:

-       Jika kambing makananya rumput maka mobil menggunakan (bensin)

-       Ada sendok ada garpu, maka kalau ada amplop harus ada (perangko) 

2.  Otak kanan

a.  Ritme

Otak kanan berhubungan dengan ritme atau irama, contohnya : Setiap arranger pasti berusaha membuat aransemen musik yang berbeda dengan aransemen musik orang lain, karena jika mereka membuat aransemen musik yang sama mereka akan dikatan plagiat.

Adanya keharusan membuat aransemen yang berbeda ini akan memacu mereka untuk membuat irama  yang berbeda dalam musiknya, hal ini akan mengembangkan kemampuan otak kanan mereka

          b.   Kreativitas

Otak kanan berhubungan dengan kemampuan menampilkan kreativitas. Kreativitas bisa Nampak ketika seseorang selalu mencari cara yang baru yang berbeda dari cara - cara yang dipakai orang-orang di sekitarnya.

           c.  Imajinasi

Imajinasi  adalah daya khayal, bisa nampak ketika seseorang menciptakan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Tetapi bisa juga mengubah karya yang ada di modifikasi menjadi karya yang baru.

d. Dimensi

Dimensi adalah kemampuan   pandang ruang. Orang yang  biasa bekerja di bidang yang berhubungan dengan dimensi seperti arsitek, desain interior perkembangan otang kanannya akan bagus.

e.  Holistik

 Holistik adalah berfikir  secara menyeluruh, artinya  setiap orang yang memiliki kemampuan berfikir holistik,  maka dia akan melihat setiap pekerjaan dan persoalan secara menyeluruh. Contoh : ketika seorang ibu ingin membuat sate ayam, dia menyuruh putrinya belanja keperluannya kepasar. Jika putrinya membeli daging ayam saja, maka otak kirinya masih dominan.  Tetapi jika dia membeli daging ayam, tusuk sate, kecap, arang dan keperluan lain untuk membuat sate ayam, maka dia sudah berfikir secara holistik yang berarti otak kanannya sudah berkembang mengimbangi otak kiri 

Bagaimana mengembangkan otak kanan   dan Otak kiri   ?

       Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan otak kanan dan  otak kiri diantaranya :

1.    Dengan test

2.     Misal test bakat atau test kepribadian yang soal-soal testnya sangat variatif

2.   Menggunakan game-game yang bisa meningkatkan kemampuan otak kanan dan otak kiri , baik game melalui media elektronik maupun game tanpa media yang langsung bisa dimainkan bersama-sama.

3.   Dengan melatih  syaraf atau senam otak



Kuis tes otak kanan atau kiri disini

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Posting Komentar