FS0rUvwNhKY1VI33jRo60ZGXhoIL0Jyi24sdcC2i

MENGGALI RAHASIA POTENSI DIRI


 a.  Pengertian Potensi Diri

Ada banyak sekali pakar yang mencoba mendeskripsikan arti kata dari potensi, salah satu pakar yang mencoba mendeskripsikan kata potensi adalah Wiyono. Menurutnya potensi memiliki arti kemampuan dasar dari seseorang yang masih terpendam dan menunggu untuk dimunculkan menjadi kekuatan yang nyata. Dari pendapat Wiyono tersebut potensi dapat diartikan sebagai kemampuan yang masih terpendam dan siap untuk diwujudkan dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia itu sendiri. Sementara menurut Majdi potensi adalah kemampuan yang masih bisa di kembangkan lebih baik lagi, secara sederhana potensi merupakan kemampuan terpendam yang masih perlu untuk dikembangkan.

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Dengan mengetahui potensi diri, kita akan merasa lebih percaya diri dalam melaksanakan setiap tugas dalam hidup kita. Kita juga dapat mengambil keputusan secara tepat menyangkut karier atau hidup kita. Selain itu, secara psikis pribadi kita juga akan merasa nyaman sebab kita mengerjakan sesuatu sesuai dengan potensi yang kita miliki. Tentunya ini akan berpengaruh dalam banyak hal dalam hidup kita, terlebih akan nampak dalam kinerja (produktifitas) dari apa yang kita buat atau lakukan atau hasilkan dalam hidup kita sehari-hari.

Jadi, jelaslah bahwa memahami potensi diri itu sangatlah penting dan memang perlu diupayakan oleh setiap pribadi. Sebab dengan memahami dan mengetahui potensi atau talenta yang kita miliki itu, ia dapat membantu kita meningkatkan kinerja (produktifitas)  kita lebih baik lagi dari tugas-tugas atau dari apa yang kita lakukan sehari-hari dalam hidup. Selain itu, potensi itu pulalah yang akan mengarahkan dan memotivasi kita untuk lebih meningkatkan produktifitas hidup kita sehari-hari. Namun, yang perlu dingat adalah potensi itu bukanlah sebuah produk atau barang yang sudah jadi. Potensi atau talenta yang dapat meningkatkan kinerja (produktifitas) hidup kita adalah hasil atau produk dari pengalaman belajar dan pengalaman hidup kita sehari-hari yang sudah kita refleksikan.

b.  Macam - macam Potensi Diri

Setelah kita mengetahui definisi dari Potensi diri diatas, Kita akan membahas Macam-macam Potensi diri pada Manusia. Manusia memiliki potensi diri yang dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:

1.  Potensi Fisik ( Phychomotoric )

Potensi diri ini dapat diberdayakan sesuai fungsinya untuk saling membagi kepentingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya hidung untuk mencium bau, tangan untuk menulis, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar, dan mata untuk melihat.

2. Potensi Mental Intelektual (Intellectual Quotient)

Potensi diri ini adalah potensi kecerdasan yang terdapat di otak manusia (terutama otak bagian kiri). Fungsi dari potensi ini yaitu untuk merencanakan sesuatu, menghitung dan menganalisis.

3. Potensi Sosial Emosional (Emotional Quotient)

Potensi diri ini sama dengan potensi mental intelektual, tetapi potensi ini terdapat di otak manusia bagian kanan. Fungsinya untuk bertanggung jawab, mengendalikan amarah, motivasi, dan kesadaran diri.

4. Potensi Mental Spiritual (Spiritual Quotient)

Potensi ini merupakan potensi kecerdasan yang berasal dari dalam diri manusia yang berhubungan dengan kesadaran jiwa, bukan hanya untuk mengetahui norma, tapi untuk menemukan norma.

5. Potensi Daya Juang (Adversity Quetient)

Sama seperti potensi mental spiritual, potensi daya juang juga berasal dari dalam diri manusia dan berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang yang tinggi.

c.  Mengenali dan Menggali Potensi Diri

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Berikut tips mengenali potensi diri : 

1.    Kenali diri sendiri

Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat Anda bahagia; apa yang Anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan Anda; dan apa saja kelemahan Anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan Anda. 

2.    Tentukan tujuan hidup

Tentukan tujuan hidup Anda baik itu tujuan jangka waktu pendek

maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.

 

3.    Kenali motivasi hidup

Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup Anda, apa yang bisa melecut semangat Anda untuk menghasilkan karya terbaik, dan sebagainya. Sehingga Anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri.

 

4.    Hilangkan negative thinking

Buanglah pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah Anda mencapai tujuan. Setiap kali Anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah Anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika Anda telah menemukan jalan yang mantap.

 

5.    Jangan mengadili diri sendiri

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan Anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju.

Menggali  Potensi Diri

Faktor-faktor apa saja yang membuat potensi diri Anda bisa tergali?

1.    Percaya diri. Kurangnya percaya diri bisa menghilangkan kesempatan Anda untuk menggali potensi diri Anda, akan tetapi tidak menghilangkan potensi.

2.    Hobi dan minat. Jika Anda mengerjakan sesuatu yang Anda sukai bahkan sebagai hobi atau minat pasti akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan (seharusnya). Jadi cobalah gali potensi yang sejalan dengan minat Anda, akan tetapi jangan lupakan yang bukan minat Anda.


        Pergaulan. Misal jika Anda punya pergaulan yang baik dengan orang yang pintar maka Anda akan jadi pintar.
Artikel Terkait

Artikel Terkait

63 komentar

  1. Muhammad rizky subhan X IPS1 HADIR

    BalasHapus
  2. Jibran akbar aljajiri
    X ips 1 hadir

    BalasHapus
  3. Muhammad tegar prasetyo
    X IPS 1
    "HADIR"

    BalasHapus
  4. Arifa Syakura Khairunnisa
    X IPS 1
    Hadiir

    BalasHapus
  5. Syahrani Khoirunnisa X MIPA 5
    Hadir

    BalasHapus
  6. Muhammad Adjie Sulaiman
    Xmipa 5

    BalasHapus
  7. Siti aminatusadiyah
    X mipa 5
    Hadir

    BalasHapus
  8. Shyna Yuswendra sentanu
    X MIPA 5
    HADIR

    BalasHapus
  9. Shintawati khoirunnisa
    X Mipa 5
    Hadir

    BalasHapus
  10. Dinayah Ayu Fathiyah
    X MIPA 5
    Hadir

    BalasHapus
  11. Fahda Halwadiah argam
    X-mipa 5
    Hadir

    BalasHapus
  12. Bintan khoerunnisa
    X MIPA 5
    HADIRR

    BalasHapus
  13. Syafira Rahmawati
    X MIPA 6

    hadir bu

    BalasHapus
  14. Ahmad fadhil abiyyu
    X miipa 6
    Hadir

    BalasHapus
  15. Nisrina Rahma Dini
    X MIPA 6
    Hadir

    BalasHapus
  16. Muhammad Iqbal Ridho
    X MIPA 6
    Hadir

    BalasHapus
  17. Shishilia nur zhahra
    x mipa 6

    Hadir

    BalasHapus
  18. Nur Kholifah Maulida
    X MIPA 6

    Hadir

    BalasHapus
  19. Imelia putri salsabila X mipa 6 hadir

    BalasHapus
  20. Daffa Azzam Al asyraf

    X ipa 6

    Hadir

    BalasHapus
  21. Naurah Nada Qanita

    X MIPA 6

    Hadir

    BalasHapus
  22. Dindha Najwa Amalia26 Oktober 2020 pukul 19.17

    Dindha Najwa Amalia
    X Mipa 6
    Hadir

    BalasHapus
  23. Daffa Ariq Fadilah
    X MIPA 6
    hadir

    BalasHapus
  24. atikah nurseptianti
    x mipa 6
    hadir

    BalasHapus
  25. Adinda Zuha Maulydia
    X MIPA 6
    Hadir

    BalasHapus
  26. Azzahrotul hasannah
    Xmipa 6
    Hadirr

    BalasHapus
  27. Muhammad Zidan albukhari
    X MIPA 6

    BalasHapus
  28. Luthfi Dwi Andhika
    X MIPA 6
    Hadir

    BalasHapus
  29. Muhammad Rama Arfiyan
    X MIPA 6
    hadir

    BalasHapus
  30. Nur Ahmad Syaikh
    X MIPA 6
    Hadir

    BalasHapus
  31. Hana Aisyah Zahira
    XMIPA5

    BalasHapus